Backpacker ke Ora Beach

Backpacker ke Ora beach

Backpacker ke Ora beach – Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengunjungi pantai Ora, yaitu dengan menggunakan paket wisata yang ada di pihak travel atau menggunakan backpacker. Traveling menggunakan teknik Backpacker ini dinilai lebih hemat, dan juga lebih terasa travelingnya. Itu sebabnya, saat ini banyak orang yang melakukan traveling menggunakan backpacker. Termasuk ketika Anda ingin mengunjungi pantai Ora.

Perjalanan ke Ora beach

Untuk tiba di Pantai Ora dengan cara backpacker ini tidak terlalu sulit. Yang perlu Anda lakukan hanyalah tiba di bandara Patimura, Ambon. Akan lebih baik, jika Anda tiba di bandara ini pada pagi hari. Jika ingin memiliki tiket pesawat yang murah, Anda dapat menggunakan tiket promo yang diselenggarakan oleh pihak maskapai atau pihak travel. Setibanya Anda di bandara, Anda dapat menggunakan angkutan kota atau menggunakan rental mobil untuk sampai ke pelabuhan Tulehu. Jika Anda ingin menggunakan angkot, maka ada 2 jenis angkutan umum yang akan Anda tumpangi, yaitu yang turun ke pantai Nestapa, lalu kembali naik angkot ke Tulehu.

Tiba di pelabuhan Tulehu, Anda dapat naik ferry ke pulau Seram. Kapal feri ini berangkat 2 kali dalam sehari, yaitu jam 10.00 dan jam 16.00 WIT. Lama perjalanan dari pelabuhan Tulehu ke pelabuhan desa Amahai ini sekitar 2 hingga 4 jam perjalanan. Ketika Anda tiba di pelabuhan desa Amahai, maka perjalanan akan kembali dilanjutkan menggunakan jalur darat. Kali ini, Anda dapat menggunakan travel ke desa Saleman, yang jaraknya hanya sekitar 1 hingga 2 jam perjalanan. Namun yang perlu diingat adalah rute dari desa Amahai ke desa Saleman ini tidak terlalu baik, kondisi jalur yang berkelok-kelok serta naik turun, membuat Anda harus dalam kondisi prima. Sampai di desa Saleman, Anda akan kembali naik perahu tradisional atau speedboat untuk sampai ke pantai Ora.

Estimasi biaya

Estimasi biaya yang perlu Anda keluarkan untuk traveling menggunakan teknik backpack ini tidak terlalu mahal. Hanya saja, Anda perlu memperhitungkan berbagai macam biaya ini secara lengkap, agar tidak over budgeting.

Baca Juga :

Langkah pertama, adalah perhitungkan biaya tiket pesawat, untuk sampai ke bandara Patimura Ambon. Seperti yang telah disebutkan di atas, untuk lebih menghemat biaya, ada baiknya jika Anda hunting tiket murah atau promo tiket mudah yang dikeluarkan oleh pihak maskapai atau pihak travel agent.

Tiba di bandara, berikutnya sebaiknya Anda gunakan angkutan umum atau angkot. Biaya untuk naik angkot ini tidak terlalu mahal, bahkan kurang dari 20 ribuan rupiah per orangnya. Berikutnya adalah naik kapal ferry. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk naik kapal ini sendiri sekitar 100 ribuah rupiah. Setelah sampai ke pelabuhan desa Amahai dari pelabuhan Tulehu Ambon, Anda sebaiknya ikut travel ke desa Saleman, biaya yang akan dikeluarkan sekitar 70 ribuan rupiah. Sedangkan dari desa Saleman ke pantai Ora, Anda akan kembali naik kapal tradisional, namun dengan biaya yang dapat dinegosiasikan dahulu sebelumnya.

Traveling sendiri atau menggunakan paket wisata

Masing-masing kegiatan baik itu traveling menggunakan paket wisata atau backpacker mempunyai keuntungan tersendiri. Anda sebagai wisatawan tentu harus mempertimbangkan hal ini dengan baik.

Keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan sistem backpacker ini adalah Anda dapat lebih menghemat biaya traveling, terutama untuk Anda yang mempunyai budget minim. Untuk penginapan, Anda dapat memilih homestay, atau bahkan menginap di rumah warga, ketika sampai di pantai Ora. Selain lebih menghemat biaya, juga membuat Anda lebih mengakrabkan diri dengan penduduk lokal. Sedangkan kekurangan dari sistem ini, adalah Anda harus memperhitungkan berbagai macam biaya dengan sangat hati-hati juga cermat, agar tidak mengalami over budgeting.  Serta mempersiapkan biaya cadangan, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk diantaranya sewa kapal nelayan untuk melakukan hoping island.

Akan berbeda halnya jika Anda menggunakan paket wisata. Anda hanya perlu mempertimbangkan paket wisata yang tepat, dan pastinya sesuai dengan budget yang ada. Dengan demikian, Anda tidak perlu ambil pusing tentang berbagai macam biaya yang akan dikeluarkan, seperti biaya sewa kapal untuk hoping island, biaya penginapan, dll.