Ora Beach Maluku

Ora beach Maluku

Ora beach Maluku – Mungkin banyak diantara Anda yang belum mengenal pantai cantik yang satu ini. Banyak sekali orang yang menyandingkan pantai Ora ini, dengan pantai terkenal lain di dunia seperti pantai Maladewa dan pantai Bora-Bora. Hal ini tidak sepenuhnya salah, karena pantai yang satu ini memang sangat cantik. Bahkan dapat disebut dengan surga tersembunyi di Maluku Tengah.

Keindahan Ora Beach

Pantai Ora ini sendiri berada di Maluku Tengah, tepatnya di kecamatan Seram, dan diapit oleh 2 desa, yaitu desa Sawai dan desa Saleman. Yang unik dari pantai ini adalah lokasi pantainya yang tidak terlalu besar, karena diapit oleh gunung dan juga bukit yang agak terjal, serta diapit oleh beberapa teluk, salah satunya adalah teluk Sawai. Ini juga yang membuat perairan yang ada di pantai ini cukup tenang. Ditambah iklim laut tropis dan iklim musim yang ada di kabupaten Maluku tengah, membuat suasana pantai di pantai ini tidak terlalu panas, dan nyaman untuk ditinggali.

Memiliki pasir pantai nan bersih, air laut yang tenang, serta terumbu karang nan cantik adalah hal utama yang akan Anda temukan ketika tiba di pantai ini. Bahkan di beberapa lokasi, Anda akan menemukan daerah yang cukup landai, sehingga Anda dapat menikmati keindahan koral dan ikan laut cantik secara langsung tanpa perlu menyelam. Anda yang menyukai kegiatan snorkeling dan diving, pastinya akan menyukai beberapa spot cantik yang ada di pantai Ora ini. Tidak perlu menyelam terlalu dalam, hanya dalam kedalaman 2 hingga 3 meter saja, Anda akan disuguhkan aneka biota laut nan cantik, mulai dari aneka ikan, terumbu karang, dan hal lainnya.

Baca Juga :

Selain pantai Ora, kawasan ini juga memiliki aneka objek wisata menarik lainnya, yang harus Anda kunjungi. Contohnya Taman Nasional Manusela yang ada di tepi pantai Ora. Disini Anda akan menyaksikan sekitar 117 macam spesies burung, termasuk 14 diantaranya adalah spesies endemik. Selain itu, di taman ini Anda juga akan menikmati aneka tumbuhan seperti Tancang, Meranti, dan yang lainnya. Sedangkan jenis burung yang dapat Anda lihat disini antara lain, burung Kesturi Ternate, Nuri Tengkuk Ungu, dll.

Ingin berenang dan menyelam, maka Anda dapat mengunjungi Tebing Batu Hatupea atau mengunjungi Gua Laut. Disini Anda dapat berenang, menikmati indahnya laut, serta menikmati aneka biota laut nan cantik. Sedangkan jika Anda mengunjungi Puncak Gunung Roulessy di pagi atau sore hari, maka Anda akan menyaksikan indahnya matahari terbit atau matahari tenggelam nan cantik di kejauhan.

Fasilitas wisata di Ora Beach

Jika dibandingkan fasilitas wisata di objek wisata lainnya, Pantai Ora ini memiliki fasilitas yang terbilang cukup. Ada beberapa penginapan yang dapat Anda singgahi ketika tiba di pantai Ora, mulai dari lokasi camping, homestay, hingga resort. Harga yang ditawarkan untuk masing-masing penginapan tentu saja berbeda. Hal ini tergantung fasilitas penginapan yang Anda nikmati. Semakin lengkap fasilitas dan semakin baik pemandangan yang Anda nikmati, maka harga yang harus dibayar juga tidak terlalu murah.

Selain penginapan, di tempat ini Anda juga akan menemukan berbagai warung makan atau restoran. Menu makanan yang disajikan cukup beragam, mulai dari menu makanan nasional, dan juga menu makanan khas daerah setempat.

Di tempat ini juga Anda akan mudah menemukan nelayan yang dapat menyewakan perahu miliknya untuk melakukan hoping island. Namun sebelumnya konfirmasikan harga yang ditawarkan.

Cara Mengunjungi Ora Beach

Untuk mengunjungi Ora beach ini sendiri memang tidak mudah, Anda harus beberapa kali naik turun kendaraan, baik darat maupun laut. Hal ini dimulai dengan turunnya Anda dari pesawat di bandara Patimura Ambon. Dari bandara ini, perjalanan akan dilanjutkan menuju pelabuhan Tulehu, dengan jarak tempuh hampir sekitar 1 jam perjalanan. Dari pelabuhan Tulehu ini, Anda akan naik kapal ferry yang hanya berangkat 2 kali dalam sehari, yaitu pukul 9.00 dan pukul 16.00 WIT, menuju pelabuhan desa Amahai. Jarak yang ditempuh sekitar 2 hingga 4 jam perjalanan. Sesampainya di pelabuhan Amahai, Anda akan kembali melakukan perjalanan darat menuju desa Saleman, yang tidak lain desa terdekat menuju pantai Ora. Perjalanan akan dilakukan selama 1 hingga 2 jam. Dari desa Saleman ini, menuju pantai Ora, Anda akan kembali melakukan perjalanan laut, kali ini menggunakan perahu tradisional dengan jarak sekitar 15 menit.