Beranda » Artikel » Ora Beach Pualu Seram Maluku

Ora Beach pulau Seram Maluku

Ora Beach pulau Seram Maluku – Untuk Anda yang belum pernah mengunjungi pantai Ora di Maluku Tengah, mungkin kini saatnya Anda mengunjungi pantai itu. Keindahan pantai Ora pastinya tidak kalah cantik dengan keindahan pantai lain di Indonesia. Bahkan beberapa orang yang pernah mengunjungi pantai tersebut, menyamakan pantai tersebut dengan pantai Maladewa.

Pantai Ora

Tidak seperti pantai lain yang ada di Indonesia, luas daratan pada pantai ini tidak terlalu besar. Hal ini dikarenakan, terhimpitnya pantai oleh gunung dan bukit yang terjal di sekelilingnya. Selain itu lokasi pantai juga dihimpit oleh beberapa teluk, salah satunya adalah teluk Sawai. Ini adalah salah satu alasan, mengapa ombak laut di pantai ini tidak terlalu besar, bahkan boleh dikatakan tenang. Karena dikelilingi oleh tebing dan juga gunung, membuat suhu udara di tempat ini tidak terlalu panas, dibandingkan objek wisata pantai lainnya.

Jika Anda mengunjungi pantai Ora ini, maka Anda akan disuguhkan dengan panorama laut biru nan tenang, pasir putih yang bersih, dan di beberapa bagian laut yang landai,A na akan menemukan aneka terumbu karang lengkap dengan aneka ikan hias yang cantik. Untuk menikmati keindahan alam bawah laut secara lengkap, tidak perlu bingung, Anda hanya perlu melakukan diving atau snorkeling ringan. Dengan jarak sekitar 2 hingga 4 meter saja, pemandangan biota laut nan cantik, akan Anda dapatkan. Anda yang menyukai snorkeling dan Diving, tentu tidak akan melewatkan kesempatan ini begitu saja.

Baca Juga :

Selain pantai Ora, masih ada beberapa objek wisata menarik yang ada di kawasan ini, mulai dari Taman Nasional Manusela, mata air Belanda, Gunung Roulessy, Tebing Batu Hatupia, atau bahkan melakukan hoping island.

Lokasi pantai Ora

Untuk lokasi menuju pantai Ora ini memang tidak bisa dikatakan mudah. Untuk sampai ke lokasi pantai, maka Anda harus beberapa kali melakukan perjalanan darat dan perjalanan laut. Pantai Ora sendiri berada di Maluku Tengah, tepatnya di bagian ujung barat teluk Sawai, di pulau Seram, dan diapit oleh desa Saleman dan desa Sawai. Disamping itu, pantai Ora ini berada di tepi Taman Nasional Manusela, yang kaya akan habitat burung dan tanaman keras lainnya.

Di lokasi pantai ini kini sudah dibangun beberapa fasilitas menarik untuk para wisatawan yang datang, salah satunya adalah resort. Salah satu resort yang ada, membuat hunian atau tepatnya kamar yang tepat berada di atas laut. Dengan pemandangan lautan lepas, membuat para wisatawan yang datang akan merasa terpuaskan, oleh pemandangan alam yang ada.

Cara menuju pantai Ora

Lalu bagaimana cara untuk sampai ke pantai Ora, seperti yang telah selintas disebutkan di atas. Untuk sampai ke pantai ini memang tidak dapat dikatakan mudah. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah tiba di Ambon. Sebaiknya Anda menggunakan jalur udara, agar lebih cepat, tepatnya tiba di Bandara Patimura, Ambon. Setibanya di bandara, maka perjalanan akan dilanjutkan dengan jalur darat. Kali ini menuju pelabuhan Tulehu dengan jarak sekitar 1 jam hingga 1.30 menit.

Sesampainya Anda di pelabuhan Tulehu, perjalanan akan dilanjutkan dengan menaiki kapal ferry menuju pelabuhan desa Amahai, yang berangkat 2 kali dalam sehari, yaitu pukul 09.00 dan pukul 16.00 WIT.  Rute ini berlaku untuk hari senin hingga hari sabtu, sedangkan untuk hari minggu hanya melayani 1 kali pelayaran. Lama perjalanan ini sendiri sekitar 2 hingga 4 jam perjalanan. Sampai di pelabuhan Amahai, maka perjalanan akan kembali dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan bermobil ke desa terdekat dengan pantai Ora, yaitu desa Saleman. Jarak yang ditempuh sekitar 1 hingga 2 jam perjalanan, dengan jalur yang berkelok dan naik turun. Desa Saleman adalah desa yang lokasinya paling dekat dengan pantai Ora. Dari desa ini, perjalanan akan kembali dilanjutkan dengan menggunakan kapal tradisional untuk sampai ke pantai Ora, atau ke lokasi tempat Anda menginap. Lokasi penginapan cukup beragam, ada yang di pantai Ora, Mata Air Belanda, atau di desa Saleman itu sendiri. Lama perjalanan dari desa Saleman ke pantai Ora ini sekitar 15 menit.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.