Wisata di Pulau Ora

Wisata di Pulau Ora

Wisata di Pulau Ora – Pergi ke pantai Ora di Maluku menyuguhkan tempat-tempat eksotis yang tak terlupakan. Bahkan saat ini ada banyak backpacker yang pergi ke Pantai Ora untuk sekedar menikmati pesona alam yang luar biasa di kawasan pantai ini. Pantai dengan air laut yang jernih dengan pemandangan alam yang elok, serta lokasinya tersembunyi jauh dari hiruk pikuk kota, membuat kita merasa lebih rileks dan seolah-olah pergi berlibur ke private beach.

Wisata di Pulau Ora Untuk Backpacker

Keindahan alam yang ditawarkan oleh Pantai Ora tidak kalah dari Pantai Oahu Hawaii ataupun Pulau Maladewa yang sangat populer di dunia. Selain pemandangan alam lautnya yang mempesona, kawasan wisata ini juga menyuguhkan pemandangan alam hutan tropis hijau yang sungguh menyejukkan. Walaupun perjalanan ke kawasan Pantai Ora ini cukup melelahkan dan cukup jauh, Anda tidak perlu khawatir sebab setibanya di sana semua lelah dapat langsung terbayarkan dengan keeksotisan pantai di Pulau Ora.

Objek wisata di Pulau Ora ini menawarkan kehidupan biota laut seperti koral atau terumbu karang di pantai dilengkapi spesies ikan berwarna-warni nan cantik yang ikut menghiasinya. Pantai Ora ini menawarkan keindahan alam hutan tropis hijau dengan hawa yang menyejukkan. Dikarenakan air lautnya yang sangat jernih, kita bisa menyaksikan dengan jelas koral beserta ikan-ikan cantik yang berenang, Anda juga dapat melihat secara langsung keindahan-keindahan alam tersebut dari atas perahu.

Snorkeling dan Diving Aktivitas di Pantai Ora

Snorkeling merupakan aktivitas yang tak dapat dilewatkan. Mengingat koral di pantai ini juga ada yang terdapat di perairan dangkal, alangkah baiknya Anda melakukan snorkeling di perairan yang lebih dalam, hal ini bertujuan agar tidak mengganggu dan merusak koral. Di samping snorkeling, para wisatawan juga dapat menyusuri Sungai Salawai sekaligus melihat cara pembuatan sagu, menyaksikan aktivitas warga setempat untuk memetik buah kelapa, sekaligus melihat berbagai macam jenis burung di Teluk Sulaiman.

Baca Juga :

Wisata di Pulau Ora ini sering menjadi tempat prewedding para calon pengantin yang ingin memadukan momen bahagia mereka dengan keindahan alam yang tersaji di Pantai Ora.

Perjalanan Wisata Menuju Pantai Ora

Pantai Ora terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah. Untuk wisatawan yang tinggal di luar daerah Maluku, Anda harus mengarahkan tujuan ke kota Ambon terlebih dulu jika ingin pergi ke Pantai Ora, tepatnya di Bandara Pattimura. Setibanya di Ambon, perjalanan bisa dilanjutkan ke Masoho. Setibanya di Masohi, Anda bisa menggunakan taksi dari Bandara menuju Pelabuhan Tulehu. Lalu dengan memakai perahu dari Tulehu, Anda pun tiba di Masohi. Sesampainya di Masohi, Anda masih harus menempuh perjalanan menggunakan jalur darat dengan waktu 4 jam.

Menuju Pantai Ora memang sulit, jauh, dan cukup mahal, tapi jika sudah tiba di pantai ini, Anda pun lupa akan perjalanan yang melelahkan. Seolah berada di surga, Anda bisa langsung melihat hamparan lautan luas yang memiliki pasir putih lembut di tepiannya serta sangat menyejukkan mata. Di samping itu, Anda pun akan menyaksikan bukit-bukit berwarna hijau yang dilengkapi oleh tebing tinggi dengan rumah panggung berukuran kecil dari kayu serta beratap jerami yang terletak di pinggir pantai. Kesan pertama saat Anda tiba di tempat wisata di Pulau Ora ini ialah kedamaian dan ketenangan yang sejati.

Daya Tarik Objek Wisata Pantai Ora

Pantai Ora menyajikan daya tarik utama yaitu berupa keindahan panorama alam bawah laut. Di pantai ini terdapat hewan-hewan laut dan terumbu karang yang beraneka ragam yang kealamiannya masih terjaga. Menyuguhkan air jernih berikut wilayah perairan di area sekitar pantainya, dengan riuh ombak yang menenangkan, sehingga semakin memanjakan mata saat melakukan snorkeling. Anda juga tak perlu dalam-dalam menyelam demi menikmati pemandangan bawah lautnya, sebab Anda sudah bisa menikmatinya di kedalaman 2-3 meter.

Selain aktivitas snorkeling atau diving, Anda juga dapat melakukan aktivitas yang lainnya seperti melihat Rehabilitasi Satwa di Dusun Masihulan dan trekking di Pusat Pendidikan. Dalam aktivitas trekking ini, Anda bisa melihat pemandangan Hutan Taman Nasional Manusela saat wisata di Pulau Ora.