Wisata Ora Ambon

Wisata Ora Beach Ambon

Wisata Ora Beach Ambon – Ingin berbulan madu ke Maladewa, atau ingin menikmati wisata pantai yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang bising, namun memiliki budget yang sangat terbatas. Sebenarnya Anda tidak perlu jauh-jauh ke Maladewa, jika ingin menikmati pantai yang lokasinya jauh dari perkotaan, atau ingin melakukan bulan madu romantis bersama pasangan. Di Indonesia sendiri ada cukup banyak objek wisata pantai menarik, salah satunya adalah pantai Ora. Mungkin nama yang satu ini belum terlalu populer. Akan tetapi pantai yang letaknya di tengah Maluku, atau tepatnya di utara pulau Seram ini, memiliki pemandangan pantai yang sangat menakjubkan. Pastinya tidak kalah dengan Maladewa atau pantai lain di dunia.

Ora Beach Ambon

Pantai Ora atau Ora Beach Ambon sendiri adalah salah satu pantai yang berlokasi di pulau Seram, Maluku Tengah. Lokasi pantainya sendiri tepat berada diantara 2 desa, yaitu desa Saleman dan desa Sawai, dan juga berada di tepi hutan Taman Nasional Manusela. Karakteristik pantai ini memang cukup menarik. Memiliki pasir pantai berwarna putih, air laut yang biru dan jernih, perairan yang tenang, terumbu karang nan cantik, serta aneka ikan laut yang juga cantik.

Walaupun lokasinya sedikit terpencil, dan sedikit sulit untuk dijangkau. Namun semakin lama, pantai Ora ini, mulai menggeliat dan semakin banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Baca Juga :

Keindahan pantai ini justru terletak pada lokasi daratannya yang tidak terlalu banyak, dibandingkan lokasi pantai lainnya yang ada di Indonesia. Pantai ini lebih dikelilingi oleh tebing dan juga bukit batu yang sedikit curam, serta teluk di sekelilingnya. Hal ini pula yang membuat perairan air di pantai ini jadi tenang, dan iklim yang ada di pantai ini juga tidak terlalu panas. Pas untuk Anda yang ingin berbulan madu romantis.

Selain pantai Ora, lokasi ini juga memiliki objek wisata lain yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Adapun objek wisata yang dimaksud adalah taman Nasional Manusela, pantai Air Belanda, Tebing Batu Hatupia, dll.

Rute dari Ambon ke Ora Beach

Untuk sampai ke pantai Ora ini, Anda harus beberapa kali melakukan perjalanan darat dan laut. Hal pertama yang harus dilakukan adalah sampai ke Ambon. Kali ini rute yang paling cepat adalah melakukan jalur udara. Anda dapat langsung tiba ke bandara Patimura, Ambon dari daerah asal. Setibanya di bandara Patimura. Perjalanan akan dilanjutkan melalui darat menggunakan sekitar 45 hingga 54 menit.  Anda dapat menyewa kendaraan umum atau menyewa mobil untuk kemudian sampai ke pelabuhan Telehu. Dari pelabuhan Teleho, perjalanan akan dilanjutkan menggunakan kapal Ferry yang berangkat 2 kali dalam sehari, mulai dari hari senin hingga sabtu, sedangkan untuk hari minggu hanya memiliki 1 kali perjalanan. Lama perjalanan yang akan Anda tempuh dari pelabuhan Tulehu Ambon ke pelabuhan Amahai, Seram ini sekitar 2 jam perjalanan.

Setibanya di pelabuhan Amahai, kembali perjalanan akan dilanjutkan melalui jalur darat ke desa Saleman, jaraknya sekitar 2 jam perjalanan. Dari desa Salamen sendiri, Anda akan menggunakan perahu kecil untuk sampai ke pantai Ora. Dari sini lokasinya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 15 menit saja. Karena perjalanan yang harus Anda tempuh  dari kota asal ke pantai Ora ini cukup jauh, maka kondisi fisik harus dijaga dengan baik.

Penginapan di Ora Beach

Untuk masalah akomodasi yang ada di pantai Ora ini sendiri cukup banyak. Anda dapat memilih salah satu akomodasi yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki. Adapun pilihan lokasi penginap tersebut antara lain resort, homestay atau bahkan camping. Lokasi resort cukup tersebar di pantai Ora dan sekitarnya, seperti di pantai Ora, dan di desa Saleman. Sedangkan untuk Homestay, Anda dapat menemukannya di sekitar rumah penduduk. Lokasi camping akan diberikan di sekitar Mata Air Belanda.

Untuk fasilitas yang diberikan pada masing-masing penginapan tentunya berbeda-beda, hal ini tergantung jenis penginapan yang Anda ambil. Namun 1 yang pasti, ketersediaan listrik di lokasi ini cukup terbatas, itu sebabnya, ada kalanya resort atau penginapan yang ada menggunakan genset.