Wisata Ora Maluku

Wisata Ora Maluku

Wisata Ora Maluku – Keindahan pantai Ora memang belum setenar pantai Kuta Bali, pantai Pangandaran Jawa Barat, dll. Akan tetapi keindahan pantai Ora, tidak kalah cantik dan indah, dibandingkan pantai lainnya di Indonesia. Bahkan untuk Anda yang pernah mengunjungi pantai Maladewa, maka objek wisata pantai ini, memiliki keindahan yang hampir serupa.

Keindahan pantai Ora

Lokasi Pantai Ora ini sendiri terletak di Maluku Tengah, atau tepatnya di kecamatan Pulau Seram, dan terhimpit oleh 2 desa, yaitu desa Saleman dan desa Sawai. Pantai ini juga dekat dengan objek wisata Taman Nasional Manusela. Memiliki karakteristik pantai yang tenang, pasirnya yang putih, air laut nan biru jernih, serta suhu udara yang tidak terlalu panas, membuat siapa saja yang mengunjungi kawasan ini pasti merasa betah.

Tidak seperti objek wisata pantai lainnya, pantai Ora ini memiliki daratan yang tidak terlalu luas, namun dikelilingi oleh tebing dan bukit yang cukup curam. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi oleh kawasan teluk. Ini yang membuat air laut di kawasan ini cukup tenang.

Selain dapat melihat keindahan pantainya. Daerah ini juga memiliki objek wisata lain, yang pastinya tidak kalah cantik, dengan objek wisata pantai Ora. Objek wisata yang dimaksud adalah Wisata Taman Nasional Manusela, aneka spot diving yang menarik, melakukan hoping island, mengunjungi Mata Air Belanda, dan objek wisata lainnya.

Baca Juga :

Kegiatan yang dapat Anda lakukan di pantai Ora

Kegiatan yang dapat Anda lakukan di kawasan wisata ini cukup banyak. Hal ini tentu tergantung lokasi wisata yang sedang dikunjungi pada saat itu. Misalnya saja saat ini Anda sedang mengunjungi kawasan wisata Taman Nasional Manusela. Maka Anda dapat menikmati sekitar 117 spesies burung, dimana 14 diantaranya termasuk burung endemik, seperti burung Nuri Bayan , Kakatua Maluku, Kasturi Tengkuk Ungu, dll.

Jika Anda mengunjungi Tebing Batu Hutapia, maka aktivitas yang dapat Anda lakukan di tempat tersebut adalah, melakukan aktivitas panjat dinding, snorkeling atau berenang di tepi tebing.  Lain lagi jika Anda mengunjungi Puncak gunung Roulessy, disini Anda akan melakukan tracking sekitar 25 hingga 30 menit. Ketika sampai di puncak, Anda akan leluasa melihat pemandangan alam di sekitar pantai Ora, bahkan di tempat ini, Anda dapat melihat matahari terbit dan matahari terbenam secara leluasa.

Namun jika Anda ingin bersantai, dan menikmati suasana pantai dan sekitarnya, Anda dapat menikmatinya di beberapa lokasi, seperti lokasi sekitar penginapan, sekitar pantai Ora, atau lokasi sekitar Mata Air Belanda.  Suasananya yang tenang, serta pemandangan alam nan indah, membuat siapa saja akan merasa nyaman. Jadi Anda yang ingin melakukan bulan madu, maka pantai Ora dapat menjadi salah satu pilihannya.

Fasilitas di pantai Ora

Jika dibandingkan objek wisata pantai lain yang ada di Indonesia, fasilitas wisata di pantai Ora ini masih tergolong standar. Namun fasilitas yang ada tetap enak dan nyaman untuk para wisatawan.

Untuk masalah penginapan, ada beberapa pilihan lokasi menginap di Pantai Ora dan sekitarnya. Anda dapat menginap di resort, homestay atau bahkan melakukan camping. Untuk resort sendiri tersebar di beberapa titik. Setidaknya ada sekitar 3 buah resort yang ada di tempat ini, seperti Ora Beach Resort, Saleman Resort dan Kakatua resort. Lokasinya sendiri ada di tepi pantai Ora, dan desa Saleman. Homestay sendiri dapat Anda temukan di sekitar rumah warga di desa Saleman. Sedangkan untuk lokasi camping Anda akan menemukannya di Mata Air Belanda. Fasilitas penginapan yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari rumah di darat, rumah di tepi pantai, hingga rumah di atas pantai. Sedangkan fasilitas di dalam kamar sendiri dapat dibilang standar, mulai dari kasur dan aneka perlengkapan lainnya. fasilitas lain yang akan Anda peroleh ketika menginap di homestay atau resort ini adalah adanya 3 kali makan.

Jika Anda lapar dan sedang berada di luar resort, maka Anda dapat mengunjungi warung makan atau restoran yang lokasinya di bibir pantai, atau dekat dengan lokasi desa. Kuliner khas nasional hingga kuliner lokal akan Anda temukan disini.