Wisata Pantai Ora Maluku Tengah

Wisata pantai Ora Maluku Tengah

Wisata pantai Ora Maluku Tengah – Untuk Anda yang menyukai objek wisata pantai, mungkin tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi pantai Ora. Mungkin, belum banyak yang mengetahui dimana pantai Ora, dan bagaimana keindahan dari pantai itu sendiri. Bagi Anda yang pernah mengunjungi pantai Ora, tentu akan menyandingkan keindahan pantai Ora dengan pantai Maladewa atau pantai Bora-Bora di Perancis.

Pantai Ora Maluku Tengah

Pantai Ora Maluku Tengah, dari namanya saja Anda tentu sudah mengetahui dimana letak lokasi dari pantai itu sendiri. Lebih tepatnya, pantai ini berada di kecamatan Seram, dan berada di antara 2 desa, yaitu desa Saleman dan desa Sawai, serta berada di tepi hutan taman Nasional Manusela.

Ada beberapa hal yang unik dari pantai Ora ini, yaitu daratannya yang tidak terlalu besar, karena  lokasi pantai ini, diapit oleh bukit baru dan juga tebing curam. Selain itu, pantai Ora juga dikelilingi oleh beberapa buah teluk, teluk Sawai salah satunya.  Keunikan yang kedua adalah iklimnya, Kabupaten Maluku Tengah ini, memiliki iklim laut tropis dan iklim musim, yang membuat udara di pantai ini tidak terlalu panas, jika dibandingkan pantai lain di Indonesia.

Baca Juga :

Sedangkan untuk pantainya sendiri, seperti yang selintas diungkapkan di atas. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih bersih, air laut yang berwarna biru, perairan yang tenang, serta terumbu karang yang cantik. Bahkan di beberapa lokasi, beberapa perairan dangkal, dan Anda dapat menikmati aneka terumbu karang nan cantik, serta ikan hias yang hilir mudik. Untuk Anda yang menyukai aktivitas snorkeling, tentu dapat melakukannya di pantai ini. Ada spot-spot snorkeling yang menarik untuk Anda kunjungi. Selain snorkeling, Anda juga dapat menikmati spot diving yang tidak kalah cantik. Tidak perlu menyelam terlalu dalam, hanya kedalaman 2 hingga 3 meter saja, Anda akan menemukan aneka terumbu karang serta biota laut cantik, di bawah pantai Ora.

Objek wisata sekitar Pantai Ora

Selain pantai Ora, kawasan ini juga memiliki berbagai macam objek wisata menarik lainnya, yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Sebut saja, Taman Nasional Manusela, yang lokasinya tepat di tepi pantai Ora. Disini Anda akan menemukan sekitar 117 spesies burung, dan 14 diantaranya termasuk spesies endemik, seperti burung Nuri bayan, Burung Kakatua Maluku, serta jenis burung lainnya. Anda juga dapat melakukan hopping island, atau traveling mengelilingi aneka pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pantai Ora. Sebut saja, pulau Sawai, pulau Raja, Pulau Tujuh, Pulau Kelelawar, dan beberapa pulau lainnya. Jarak untuk mengelilingi pulau-pulau ini tidak terlalu jauh, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Selain dapat menikmati wisata pulau, Anda juga dapat menikmati wisata lainnya, seperti menikmati mata air Belanda. Disebut demikian, karena dahulu orang Belandalah yang menemukan mata air tersebut. Ada juga Puncak Gunung Roulessy, dengan melakukan treking sekitar 25 hingga 30 menit, Anda akan menikmati keindahan pantai Ora dan sekitarnya dengan leluasa. Selain itu, di puncak gunung, ini, Anda juga dapat menyaksikan matahari terbit dan matahari tenggelam nan cantik. Untuk Anda yang menyukai aktifitas berenang dan snorkeling, mengunjungi Tebing Batu Hatupia, atau mengunjungi Goa Laut, akan memuaskan rasa ketertarikan Anda pada pantai ini.

Cara mengunjungi pantai Ora

Untuk menikmati keindahan pantai Ora ini memang tidak terlalu mudah, Anda harus melakukan perjalanan yang tidak sebentar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah tiba di Bandara Patimura Ambon. Kemudian menaiki kendaraan umum, menuju pelabuhan Tulehu. Dari pelabuhan Tulehu ini, Anda akan menaiki kapal ferry yang berangkat 2 kali dalam sehari menuju pelabuhan Desa Amahai, Seram, yang jaraknya sekitar 45 menit. Tiba di pelabuhan desa Amahai, perjalanan kembali dilanjutkan menggunakan jalur darat, menuju desa Saleman. Jalur menuju desa Saleman ini juga tidak terlalu mulus, jalurnya berkelok-kelok dan naik turun. Ini adalah desa terakhir yang akan Anda kunjungi sebelum akhirnya tiba di pantai Ora. Untuk tiba di pantai ini, Anda akan kembali menaiki perahu tradisional atau speed boat dengan jarak sekitar 15 menit.  Setibanya di pantai Ora, Anda akan disambut oleh kecantikan alam yang sangat menyejukkan hati.