Wisata Pulau Ora Ambon

Wisata Pulau Ora Ambon

Objek wisata Pulau Ora Ambon memang selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para traveller. Destinasi wisata Pantai Ora sendiri terletak di Desa Saleman, Seram Utara, tepatnya di Maluku Tengah. Selain menyuguhkan tempat wisata terbaik, Pantai ora juga menawarkan sebuah resort yang dinamakan Ora Beach Resort dengan 6 cottage, dimana semuanya dibalut oleh bahan kayu dan beratap jerami. Tiap cottage yang ada di resort ini bisa menampung sebanyak 3 orang.

Pesona lainnya yang bisa Anda saksikan di pantai ini ialah keanekaragaman biota lautnya. Koral atau terumbu karang di pantai Ora sangat beragam dan ada pula ikan yang berwarna-warni. Dikarenakan airnya begitu jernih, ikan-ikan dan koral yang ada dibawahnya bisa langsung dilihat dari bagian atas perahu, ini sangat menakjubkan.

Saat cuaca sedang cerah, kita bisa menyaksikan pemandangan alam yang begitu indah di Pantai Ora, begitupun pada malam hari. Kita bisa bayangkan, saat Anda berada di dermaga lalu menikmati keindahan kerlip bintang di atas langit yang sedang bersinar, bak mutiara. Hal ini menjadi momen yang sangat menakjubkan dan berkesan. Karenanya, saat Anda pergi ke tempat wisata Pulau Ora Ambon jangan pernah lupa untuk mengabadikan setiap momen yang Anda nikmati di sana dengan kamera kesayangan. Inilah alasan kenapa Anda harus memilih paket wisata ke Pulau Ora.

Dikarenakan lokasinya terpencil dan cukup jauh dari hiruk pikuk kota, wisata pantai Ora sangat ideal untuk Anda yang mendambakan kedamaian dan ketenangan, serta untuk melupakan kesibukan sejenak dari rutinitas sehari-hari. Untuk pasangan pengantin baru, tentunya pantai Pulau Ora bisa dijadikan pilihan paling ideal untuk momen berbulan madu.

Rute Menuju Pantai Ora

Untuk pergi ke tempat wisata Pulau Ora Ambon, bila para wisatawan berangkat dari kota Jakarta, maka Anda harus melakukan perjalanan lewat transportasi udara dengan pesawat terbang menuju Ambon. Sesampainya di Kota Ambon, Anda harus melewati pintu ke Pantai Ora melewati Pelabuhan Hulnara, Tuleho. Kemudian di Pelabuhan Tuleho, ada kapal feri yang bisa menampung 350 orang penumpang ke Pelabuhan Amahai di Pulau Seram. Adapun jadwal perjalanannya sendiri 2 kali setiap hari dengan tarif yang berbeda antara kelas bisnis dan kelas ekonomi.

Baca Juga :

Sesampainya di Pelabuhan Amahai, para wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum dengan lama perjalanan sekitar 2 jam ke Desa Sawai, Kabupaten Maluku Tengah. Anda bisa menggunakan Trans Seram sebagai sarana angkutan umum yang sering digunakan wisatawan, dengan menyusuri wilayah Teon Nila, Serua dan Kota Masohi, serta selama di perjalanan Anda bisa melewati liku-liku perjalanan di pegunungan tepatnya di kawasan Taman Nasional Manusela.

Sesampainya di pelabuhan desa, Anda akan diantarkan ke Pantai Ora menggunakan perahu mesin kecil dengan lama perjalanan 15 menit. Sedangkan untuk penduduk setempat sendiri, dari Desa Sawai dan Saleman, Pantai Ora dapat ditempuh dengan cara berjalan kaki sambil menyusuri tebing di kawasan pesisir Teluk Sawai.

Pesona Wisata Pulau Ora Ambon

Pantai Ora menawarkan panorama alam yang begitu indah, mengandalkan pasir putih yang begitu jernih, dengan warna air laut biru jernih, dilengkapi keanekaragaman biota laut, termasuk terumbu karang di dalamnya. Pesona alam pantai Ora memang layak dijadikan sebagai surganya dunia dan layak disejajarkan dengan pantai-pantai eksotis di dunia lainnya, seperti Pantai Bora-Bora di Samudera Pasifik, dan Pantai Boracay yang ada di Filipina.

Tak hanya menikmati keindahan alam pantainya, di Pantai Ora juga bisa menikmati berbagai aktivitas wisata yang dapat dilakukan. Para wisatawan bisa melakukan aktivitas-aktivitas berupa diving dan snorkeling, serta tak perlu terlalu dalam menyelam. Sebab di kedalaman 2-3 meter saja, para wisatawan sudah bisa menikmati keeksotisan ikan kecil berwarna-warni dan terumbu karang yang cantik di alam bawah laut pantai ini.

Jenis terumbu karang di kawasan pantai Ora biasanya sejenis terumbu karang yang memiliki kontur landai, sebab lautnya dangkal saat air laut surut, sehingga terumbu karang bisa dilihat langsung tanpa menyelam. Di tempat ini, Anda juga bisa melihat bintang laut berduri dan bulu babi yang ada di sekitar pantainya. Aktivitas snorkeling pun bisa dilakukan di tempat-tempat yang tidak jauh dari tebing, sehingga memberikan bia memberikan momen langka untuk Anda.

Ada banyak aktivitas lainnya yang dapat dilakukan di wisata Pantai Ora selain snorkeling. Seperti berkunjung ke kawasan Taman Nasional Manusela yang berada di belakang hotel Ora Beach, sebagai pilihan aktivitas menarik. Di taman ini, ada sebanyak 117 spesies burung, 14 diantaranya adalah spesies endemik, berupa kasturi, nuri bayan, Kakatua Maluku, raja udang, dan tengkuk ungu. Traveller juga bisa memakai kapal nelayan atau perahu bermotor agar bisa menikmati pemandangan di kawasan Taman Nasional Manusela ini.

Selain itu, Anda juga bisa berkeliling ke beberapa pulau yang tak terlalu besar di Teluk Sawai memakai perahu. Ada Pulau Kelelawar, Pulau Sawai, Pulau Sapalewa, Pulau Tengah, Pulau Tujuh, dan Pulau Raja yang siap menanti untuk dijelajahi. Adapun waktu untuk mengelilingi semua pulau tersebut dibutuhkan waktu 30 menit saja.

Di samping itu, wisatawan juga bisa berkunjung ke tempat wisata Mata Air Belanda, seperti sungai kecil yang bermuara di pantai Teluk Saleman. Selain itu, mata air tersebut bernama Mata Air Belanda sebab dulu Belanda telah menemukan sumber mata air di pinggir pantai yang rasanya tawar dan airnya dingin. Menikmati suasana di kawasan mata air tersebut ditemani hidangan air kelapa membuat pengalaman yang tak terlupakan.

Fasilitas di Tempat Wisata Pantai Ora

Di tempat wisata Pulau Ora Ambon sendiri, tak terdapat banyak tempat makan sebab di sini hanya ada fasilitas yang diberikan Ora Beach Resort. Tapi, untuk soal penginapan Anda tak perlu khawatir sebab ada banyak pilihan akomodasi yang tersedia di tempat ini. Menariknya lagi, tempat penginapan yang ditawarkan di Pantai Ora ini berbentuk rumah panggung yang terletak di atas laut, dimana kebanyakan adalah milik masyarakat setempat, sementara Ora Beach Resort sendiri adalah satu-satunya tempat penginapan berbentuk resort yang terdapat di kawasan pantai tersebut.